Minggu, 20 April 2014

Petikan Ceramah Seputar Bakti 02



Petikan Ceramah Master Chin Kung Seputar Bakti 02

Anak Domba Berlutut Saat Mengisap Susu Ibunda, Burung Gagak Balas Menyuapi Ibundanya --- Mengalirnya Sifat Alami  Hubungan Antara Ibu Dan Anak Pada Satwa.

Masyarakat masa kini, etika dan moralitas sudah tidak ada lagi, anak muda tidak tahu berbakti pada ayahbunda, tidak tahu menyayangi adik kakak dan teman-temannya, malah mementingkan diri sendiri. Jujur saja, satwa saja masih tahu berbakti pada ayahbundanya, di dalam kitab kuno tercantum bahwa, kita juga dapat melihatnya, burung gagak balas menyuapi ibundanya.

Gagak tua sudah tua, tidak sanggup terbang lagi, setiap hari hanya bisa berada di sarang, serupa dengan burung kecil. Anak-anaknya mencari makan di luar dan pulang menyuapinya, membuktikan bahwa burung gagak saja bisa menjaga ayahbundanya, lihatlah anak muda sekarang tak sebanding dengan burung gagak.

Domba akan berlutut saat mengisap susu ibundanya, saat domba kecil akan mengisap susu ibundanya, dia akan berlutut di atas tanah, siapa yang mengajarinya? Sifat alami!  Kami melihat keadaan ini sungguh merasa terharu. Satwa juga tahu menyayangi ayahbundanya.
  
Petikan Ceramah Master Chin Kung 26 Maret 2005



小羊跪乳、烏鴉反哺動物親情的天性流露

現在這個社會,倫理道德沒有了,年輕人不知道孝順父母,不知道友愛兄弟,完全是自私自利。說實在話,畜生裡面還有知道孝順父母的,古書裡常說,我們真正能看到,烏鴉有反哺之恩。老烏鴉太老,飛不動了,成天也在窩裡頭,像小鳥一樣。牠的兒女覓食回來餵牠,說明烏鴉會照顧父母,看看現在的年輕人不如烏鴉。羊有跪乳之恩,小羊吃奶的時候跪在地上,誰教牠的?天性!我們看到這種情形非常感動。畜生有父子有親,有一種親愛。

(文摘--大方廣佛華嚴經(第一三七五卷)2005/3/26澳洲淨宗學院 檔名:12-17-1375